Keselamatan untuk Seisi Rumah

Kisah Para Rasul 16:31-32

Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.” Lalu mereka memberitakan firman Tuhan kepadanya dan kepada semua orang yang ada di rumahnya.

Suatu kali saya bersama seorang anak PA yang adalah anggota dari komunitas papua menghadiri sebuah persekutuan di komunitas tersebut. Disana saya melihat anak-anak Kerajaan yang sangat Tuhan kasihi, meskipun mungkin dianggap sepi oleh sesama anak Kerajaan yang lainnya.

Di tempat itu Roh Kudus berbicara banyak hal tentang penjangkauan seisi rumah.

home prayer

Seisi rumah bukan bicara tentang sebuah keluarga. Tidak pernah tertulis firman tentang misi keluarga. Firman dengan jelas mengatakan bahwa injil akan menyelamatkan seisi rumah.

Mengapa? Karena di dalam rumah di Israel (atau bangsa2 lain) bukan terdiri dari keluarga saja, melainkan juga tuan dan hamba. Israel sedang dijajah bangsa Romawi, dan kemungkinan ada banyak orang Israel yang menjadi hamba Romawi. Sebaliknya bagi keluarga yang cukup terpandang, mereka memiliki hamba2 dari bangsa Israel sendiri ataupun dari bangsa2 lain.

Tuhan menjelaskan bahwa alasan mengapa seisi ‘rumah’ Batak, Jawa dan Chinese lebih banyak diselamatkan di Indonesia dibandingkan seisi ‘rumah’ Papua, adalah karena ada lebih banyak ‘orang rumah’ dari ketiga suku tersebut yang diselamatkan dan berdoa serta menjangkau ‘seisi rumah’ mereka.

Saya sendiri pernah memuridkan dua anak papua yang hingga saat ini hanya bertahan satu orang. Ada juga anak2 Papua yang dimuridkan oleh adekku dan rekan2 pekerja lain. Tapi itu tidak cukup. Harus ada cukup banyak ‘orang rumah’ yang kembali ke rumah mereka masing2 dan memberitakan Kristus hingga seisi rumah diselamatkan.

Ada banyak ‘rumah’ di Indonesia, entah itu dalam bentuk suku, bahasa, lingkungan, komunitas, organisasi, kampus, agama, dll… Tuhan mau setiap orang rumah kembali, pertama2 ke rumahnya masing2, barulah sampai kepada suku2 bangsa.

Penginjilan dimulai di Yerusalem, Samaria, Yudea sampai ke ujung bumi – bukan sebaliknya.

Pada hari2 terakhir, Roh Tuhan dicurahkan atas seisi rumah, bukan hanya atas keluarga. Tidak peduli orang merdeka atau hamba, laki-laki atau perempuan, suku apapun, Tuhan mau selamatkan seisi rumah.

Galatia 3:28 Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.

Yoel 2:28-29 “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

Juga ke atas (hamba-hambamu) laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.

Bagi setiap kamu yang ditawan oleh Roh untuk pergi ke suku yang asing dan berat lidahnya, bersukacitalah, karena janjiNya bahwa mereka akan mendengarkan kamu (Yehezkiel 3:6).

Tapi bagaimana dengan seisi rumahmu? Yerusalemmu? Selamatkah ia?

Hasilkanlah murid2 yang terbeban kembali memberitakan injil kepada rumahnya. Memang seorang nabi diterima dimana2 kecuali di daerah asalnya. Tapi Tuhan berjanji juga bahwa seisi rumahmu pasti selamat; hanya ringankanlah kakimu untuk pergi memberitakan Yesus.

Related Articles

Jadilah Tenang

Terkadang, bukan badainya yang perlu dihardik. Tuhan Yesus tidak perlu berdiri di atas perahu kehidupanmu dan menenangkan badai masalahmu; tetapi kamulah yang perlu berlutut dan berseru kepada jiwamu, Tenanglah!

Unmasking Me

Topeng adalah orang yang melakukan firman bukan untuk Tuhan dan dirinya sendiri, tetapi hanya untuk dilihat orang. Topeng adalah sisi lain dirimu yg melakukan firman di depan manusia, berusaha untuk menambal luka-luka di wajahmu, membuat riasan tebal yang menutupi lukamu, namun tidak mengobatinya.

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New Report

Close